Aplikasi Kompresi Video Terbaik Untuk Windows

Aplikasi Kompresi Video Terbaik Untuk Windows

Saat ini telah tersedia banyak sekali pilihan aplikasi gratis untuk mengkonversi berbagai jenis format file video. Salah satu software gratis yang cukup menarik adalah Freemake Video Converter. Software gratis ini tampil dengan desain tampilan antarmuka yang sederhana sehingga nantinya tidak akan menyulitkan para penggguna yang masih awam dengan komputer. Aplikasi ini mendukung banyak input serta output, juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur tambahan. Kompresi video sendiri adalah sebuah proses yang dibutuhkan untuk koding data video secara efisien dalam format file video dan streaming format video. Kompresi merupakan sebuah konversi data ke sebuah format yang lebih kecil, biasanya dilakukan sehingga data dapat disimpan atau disalurkan lebih efisien.

Selain untuk melakukan berbagai macam konversi dari satu video ke format video lainnya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengkonversi format file video menjadi format file audio, format file gambar menjadi sebuah file video dan berbagai hal menarik lainnya yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah fitur yang didiukung poleh aplikasi kompresi video Free Make Video Converter:

• Mendukung input lebih dari 200 format video, audio serta file gambar (images). Seperti format file: AVI, MP4, MKV, WMV, MPG, 3GP, 3G2, SWF, FLV, TOD, AVCHD, MOV, DV, RM, QT, TS, MTS (video) MP3, AAC, WMA, WAV (Audio) JPG, BMP, PNG, GIF (gambar).

• Mendukung berbagai jenis file Output atau keluaran, seperti format file AVI, WMV, MP4, MKV, FLV, SWF, 3GP dan juga MP3.

• Dapat melakukan pengkonversian lebih dari 50 situs video online (streaming) dengan hanya memasukkan URL video tersebut, seperti situs dari YouTube, Facebook, Vimeo, Dailymotion dan situs-situs streaming lainnya.

• Dapat melakukan konversi video untuk berbagai perangkat media seperti : Apple, Sony dan Android.

• Proses konversi video menjadi lebih cepat dengan diterapkannya fitur CUDA dan juga DXVA (untuk pengguna hardware komputer tertentu).

• Dapat melakukan proses konversi ke file format Blu-ray video.

• Dapat melakukan dan menambahkan subtitle video/film (SSA, SRT atau ASS) untuk input video DVD, MKV dan MOV.

• Terintegrasi fitur Audio editor seperti Cut, Join, Rotasi, Limit ukuran, dan menyesuaikan aspek rasio tampilan video.

• Tersedia berbagai pilihan hasil konversi, termasuk untuk membuat setting sendiri.

• Aplikasi ini mampu mengubah file foto menjadi sebuah slideshow (video) termasuk dapat menambahkan file audio didalamnya.

Dibandingkan beberapa jenis aplikasi kompresi video atau video converter lain, Aplikasi Freemake Video Converter memang terasa lebih mudah dalam penggunaannya, desain tampilan aplikasi yang cukup baik dengan tetap memberikan berbagai pengaturan serta berbagai macam pilihan video dan audio yang bisa kita atur sendiri.

Penggunaan aplikasinya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan video, audio, dvd atau file foto, kemudian tinggal memiilih salah satu ikon pada bagian bawah aplikasi ini sesuai dengan format output atau keluaran yang ingin Anda dapatkan. Selanjutnya nanti akan muncul beberapa pilihan atau opsi jenis konversi video yang dapat Anda pilih atau Anda bisa mengaturnya sendiri.

Spesifikasi kebutuhan minimum aplikasi Free Make Video Converter:

• Sistem operasi: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.

• Hardisk : 30 Mb

• RAM Minimum: 128 Mb

Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows yang mengggunakan .Net Framework 4.0 Client Profile. Jika pada komputer Anda berlum terdapat .Net Framework 4.0 ini, maka saat proses installasi Freemake Video Converter, aplikasi ini akan melakukan download data yang diperlukan dari internet, sehingga proses installasi akan memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk lebih memudahkan proses instalasi tanpa perlu koneksi internet (offline), Anda dapat mendownload manual .Net Framework 4.0 Client Profile Download di sini  dengan ukuran sebesar 41 MB. Setelah selesai proses instalasi silahkan Anda install dotNet ini terlebih dahulu, baru kemudian lakukan proses install Freemake Video Converter.

Anda bisa mendapatkan aplikasi Free Make Vide Converter ini secara gratis pada link situs resminya
di sini  Aplikasi ini akan berguna untuk memperkecil (compress) berbagai jenis video dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga akan memudahkan bagi Anda yang ingin melakukan proses kirim email kepada seseorang, sehingga tidak memerlukan proses upload yang cukup lama namun kualitas video masih cukup baik.

Artikel Terkait