Cara Sederhana Menjaga Baterai Laptop

Cara Sederhana Menjaga Baterai Laptop 
batrai leptop

Hal yang paling menyebalkan saat main laptop itu adalah saat-saat dimana baterai laptop kita mudah nge-hang atau nge-drop.
Hal ini sering terjadi karna perawatan laptop kita yang kurang bagus.
Ketika kita ingin menggunakan laptop di luar rumah di tempat yang jauh dari arus listrik atau di taman, yang sedang asik-asiknya menggunakan sebuah laptop tiba-tiba baterainya low dan itu sesuatu yang menyebalkan bukan.
Maka dari itu, disini beberapa informasi mengenai Cara Sederhana Merawat Baterai Laptop agar baterai dari laptop anda tetap awet dan tahan lama.
Di bawah ini ada beberapa tipsnya untuk anda :

 1.  Jika anda ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya baterai laptop di lepas dan menggukan charger saja untuk menghidupkannya.
 2.   Ketika anda mau mengisi baterai sebaiknya laptop dalam keadaan mati, jangan mengisi baterai ketikan laptop sedang digunakan atau menyala.
 3.   Ketika baterai laptop anda akan mendekati kosong maka cepatlah mengecasnya karena jika kita sering menggunakan dan baterainya sampai kosong itu akan membuat baterai laptop mudah rusak.
 4.   Ketika anda sedang mengisi baterai dan sudah penuh, sebaiknya segera cabut charger anda jangan mengisi terus-menerus.
 5.   Jangan dekatkan baterai disamping bahan cairan, karena jika terkena bahan cairan maka baterai akan mudah berkarat dan mudah rudak.
 6.   Jika kita akan memainkannya atau juga menyimpannya, lebih baik jangan menempatkannya di tempat yang panas.
 7.   Hindari dari tekanan benda berat atau jangan menekan dan menempatkannya di bawah benda berat.
 8.   Jangan memainkan atau menyimpan di atas tempat yang banyak debunya, karena laptop kebanyakan memiliki lubang udara yang terletak dibawahnya. Maka dari itu untuk menjaga supaya tidak kemasukkan debu maka letakkanlah di atas meja atau sesuatu benda yang rata yang bersih dari debu.
 9.   Belilah baterai dan charger yang original jangan yang imitasi karena jika kita memilih barang yang imitasi akan mudah rusak atau tidak tahan lama.
 10.   Nonaktifkan Bluetooth. Jika anda tidak menggunakan perangkat ini agar baterainya tidak terkuras sia-sia.
 11.   Turunkan volume pada laptop jika anda tidak menggunakannya. Hal ini agar tidak terlalu menguras baterai pada saat memainkannya.
 12.   Bersihkan batearai dan tempatnya dengan kain lembut yang dicampur alkhohol untuk meningkatkan efisiensi energi.
 13.   Jangan menginstal terlalu banyak sofware yang tidak terlalu penting seperti game dan aplikasi lainnya, karena kebanyakan software terlalu menguras baterai.
 14.   Itulah beberapa informasi mengenai cara merawat baterai laptop dan cara mencegahnya agar tetap awet dan tidak gampang low.

    Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dari baterai yang mudah ngedrop atau tidak tahan lama dan menjaganya supaya tetap awet.
Artikel Terkait